Selasa, 04 Juni 2013

MEMBINA PRAMUKA


MEMBINA PRAMUKA


I.       PENDAHULUAN
         Membina Pramuka merupakan kegiatan memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan :
a.   Kepribadian
b.   Pengetahuan dan keterampilan
c.   Kecendrungan/keinginan serta kemampuan, peserta didik sehingga menjadi manusia yang : kreatif, inovatif, pelopor dan mandiri.

II.      MATERI POKOK
1.    Kalau kita simak " cita dan karsa " : dari pengertian tersebut di atas, maka :
a.     Membina itu targetnya ( object ) adalah manusia.
b.    Membina itu adalah upaya pendidikan, upaya peningkatan, upaya improvisasi, upaya memajukan.
c.     Membina itu dapat dilaksanakan baik formal, non formal bahkan informal secara sadar berencana, terarah, teratur  dan bertanggungjawab.
d.    Membina itu sebgai proses upaya pendidikan berisi kegiatan memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan :
1)    suatu dasar kepribadian yang seimbang, utuh dan selaras.
2)    pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan bakat.
3)    kecenderungan/keinginan serta kemampuan - kemampuan yang merupakan bekal dalam hidup dan kehidupan manusia yang dibina.

2.    Dalam Gerakan Pramuka membina/melatih Pramuka untuk jadi apa, bukan melatih Pramuka untuk tahu apa.

3.    Hymne Pramuka dengan jelas dan tegas menyebutkan
       .............. manusia Pancasila ................................
       .............. satyaku .......... kudarmakan  .................
       ............. darmaku .......... kubaktikan ...................
       ............. agar jaya Indonesia ................................
       Sehingga kalau ada yang bertanya, mau dibawa kemana Pramuka itu, jawabnya jelas dan tegas Pramuka akan di jadikan KADER PEMBANGUNAN YANG BERMORAL PANCASILA.

4.    Melalui kepramukaan Pramuka disiapkan menjadi kader bangsa yang bermoral Pancasila yang memiliki :
a.         Sikap dan moral Pancasila ; dengan jalan melatihkan = Penghayatan & Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.
b.        Keterampilan manajerial ; dengan jalan melatihkan = Kepemimpinan, Manajemen satuan, Hubungan insani, Hubungan masyarakat.
c.         Ketrampilan Kepramukaan  ; dengan jalan melatihkan = Survival, Pengembaraan, Pengabdian.
d.        Keterampilan teknologi  ; dengan jalan melatihkan = Kewirausahaan.

5.    Pramuka harus dibina sesuai dengan MINATnya untuk MENGABDI  dan BERKARYA melalui proses :
a.       Learning by doing
b.      Learning to earn
c.       Earning to live
d.      Living to serve
e.       Learning by teaching

6.    Kegiatan yang disajikan hendaknya disusun bersama peserta didik dengan memperhatikan  3 pilar / soko guru kepramukaan yaitu :
a.     Azas Modern
       kegiatan kepramukaan hendaknya menyesuaikan dengan perkembangan jaman, selalu bervariasi dan baru sehingga tidak membosankan.
b.    Azas Manfaat
       kegiatan kepramukaan hendaknya disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik, masyarakat dan lingkungannya.
c.     Azas Taat
       kegaitan kepramukaan hendaknya manjadi media untuk mendidikan  pelaksana / pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.

7.    Agar Pembina Pramuka dapat berperan dengan baik dalam membina, Pembina perlu :
a.     Mempuyai sikap laku sesuai dengan sistem among
1)    rasa cinta kasih, rasa keadilan, rasa kepantasan dan rasa kesanggupan berkorban.
2)    rasa disiplin disertai inisiatif
3)    rasa tanggungjawab terhadap Tuhan YME, masyarakat dan dirinya sendiri.
b.    Mengetahui dan dapat melaksanakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dalam kegiatan kepramukaan.
c.     Memahami bahwa metode yang akan diterapkan sesuai dengan keadaan, waktu dan tempat peserta didik dibinanya.  Dengan kata lain sebelum melaksanakan pembinaan, hendaknya terlebih dahulu mengerti bakat, minat, keadaan, kemampuan dan kebutuhan kaum muda/peserta didik disamping itu, bahan latihan yang akan diberikan dalam kegiatan hendaknya sesuai dengan rencana,  tujuan  dan sasaran kegiatan yang sudah ditentukan.
d.    Menciptakan keikut sertaan Peserta didik dalam kegiatan kepramukaan dilakukan secara sukarela.
e.     Memperlakukan peserta didik sebagai subjek pendidikan, yaitu sebagai pribadi yang mempunyai cipta, rasa dan karsa yang perlu dikembangnkan.

f.     Macam kegiatan yang disajikan hendaknya disesuaikan dengan perkembangan jasmani dan rohani peserta didik, sehingga kegiatan pada tiap golongan usia peserta didik berbeda.

g.    Memperhatikan faktor lingkungan pendidikan karena faktor lingkungan besar sekali pengaruhnya terhadap perkembangan peserta didik.

8.    Pembina Pramuka harus berusaha menguasai bahan latihan kegiatan, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk mengunakan tenaga orang lain yang lebih menguasai dan menghayati bahan-bahan dalam membina peserta didik, Penguasaan bahan latihan perlu ditunjang dengan penggunaan metode yang tepat, sesuai dengan kepentingannya.

III.    PENUTUP
         Membina merupakan tugas pengabdian bagi Pembina Pramuka oleh karena itu membina merupakan seni.  Tehnik membina bagaimana yang tepat itu akan didapat dari pengalamannya dalam kegiatan dengan peserta didik.  Semboyan kita dalam melaksanakan tugas pembinaan " Ikhlas bakti bina bangsa ber budi bawa laksana "


KEPUSTAKAAN
1.      Powell, Lord Baden. SCOUTING FOR BOYS. MEMANDU UNTUK PRAMUKA.  Kwarnas Gerkan Pramuka. Jakarta, 1988)

2.      Joesoef. Soelaiman. Prof Drs. KONSEP DASAR PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH .  Bumi Aksara.  Jakarta, 1992.

3.      Atmasulistya. Endy. Drs. H. dkk.  PANDUAN PRAKTIS MEMBINA PRAMUKA. Kwarda Gerakan Pramuka DKI. Jakarta, 2000.

4.      AD & ART. Kwarnas  Gerakan Pramuka.  Jakarta, 1999

Tidak ada komentar:

Posting Komentar