Selasa, 04 Juni 2013

SISTEM AMONG


SISTEM AMONG

I.       PENDAHULUAN
1.    Hubungan Pembina Pramuka dengan peserta didik merupakan hubungan khas, yaitu  setiap Pembina Pramuka wajib memperhatikan perkembangan mitra didiknya secara pribadi agar perhatian  terhadap pembinaanya dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan kepramukaan.

2.    Pendidikan dalam Gerakan Pramuka ditinjau dari hubungan antar Pembina dengan Peserta Didik menggunakan sistem among.

II.      MATERI POKOK
1.   Sistem Among adalah sistem pendidikan yang dilaksanakan dengan cara memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk dapat bergerak dan bertindak dengan leluasa, dengan sejauh  mungkin menghidari unsur-unsur perintah keharusan, paksaan , dengan maksud untuk menumbuhkan dan mengembangkan rasa percaya diri, kreativitas dan aktivitas sesuai dengan aspirasi peserta didik.

2.    Sistem Among  mewajibkan Pembina Pramuka melaksanakan prinsip-prinsip kepemimpinan sebagai berikut :
a.     "Ing ngarso sung tulodo", maksudnya di depan menjadi teladan.
b.    "Ing madya mangun korso", maksudnya di tengah-tengah mereka Pembina membangun kemauan.
c.     " Tut wuri handayani",  maksudnya dari belakang Pembina memberi daya/kekuatan atau dorongan dan pengaruh yang baik kearah kemandirian.

3.    Dalam  melaksanakan tugasnya Pembina Pramuka wajib bersikap dan berperilaku :
a.     Cinta kasih, kejujuran, keadilan, kepantasan, keprasahajaan/kesederhanaan, kesanggupan berkorban dan kesetiakawanan sosial.
b.    Disiplin disertai inisiatif.
c.     Bertanggungjawab terhadap diri sendiri, sesama manusia, negara dan bangsa, alam dan lingkungan hidup, serta bertanggungjawab kepada Tuhan yang Maha Esa.

4.    Sistem Among dalam Gerakan Pramuka, memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan pribadinya , bakatnya, kemampuannya, cita-citanya.  Pembina Pramuka sebagai Pamong hanyalah menjaga, membenarkan, meluruskan, medorong, memberi motivasi tempat berkonsultasi dan bertanya.  Peserta didik   harus diperlakukan dan dihargai sebagai subjek pendidikan, bukan hanya sebagai objek pendidikan belaka yang hanya bergiat kalau disuruh pembinanya tetapi mereka diberi kebebasan untuk bergerak dan bertindak dengan leluasa agar tumbuh rasa percaya diri, agar berkembang kreativitasnya sesuai dengan aspirasi mereka.

5.    Kegiatan kepramukaan dengan menggunakan sistem among dilaksanakan dalam bentuk kegiatan nyata dengan contoh - contoh nyata, dimengerti dan dihayati, atas dasar minat dan karsa para peserta didik Pembina Pramuka harus mampu menjadi contoh/teladan peserta didiknya.

6.    Sistem Among harus digunakan secara terpadu, tidak terpisah-pisah satu dengan lainnya saling berkaitan oleh karena itu bagi semua golongan peserta didik ( S, G, T, D ) diberikan  keteladanan,  daya kreasi dan dorongan.

7.    Peserta didik dibina sesuai dengan minatnya untuk bekal mengabdi dan berkarya, melalui proses :
a.     " Learning by doing ", belajar sambil bekerja
b.    " Learning by teaching, bekerja sambil mengajar
c.     " Learning to earn ", belajar mencari penghasilan
d.    " Earning to live ", penghasilan untuk hidup
e.     " Living to serve ", kehidupan untuk bekal mengabdi

8.    Pelaksanaan Sistem Among oleh Pembina

               SIAGA        PENGGALANG        PENEGAK     PANDEGA
 



                                                                                                            Bim-
Text Box: TUT WURI HANDAYANIText Box: ING NGARSA SUNG TULADABim-                                                                                                                   bingan
bingan                                                                                                                tak                                                                                                               
lang                                                                                                                    langsung
sung     I




III.    PENUTUP
Pelaksanaan Sistem Among dalam kepramukaan merupakan anak sistem Scouting methode/methode kepramukaan yang perwujudan akan terpadu dengan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Motto Kepramukaan dan Kisan Dasar Kepramukaan.


KEPUSTAKAAN
1.      AD & ART GERAKAN PRAMUKA. Kwarnas Gerkan Pramuka. Jakarta, 1999.
2.      Soeratman, Ki. SISTEM AMONG DALAM GERAKAN PRAMUKA.  Kwarnas Gerakan Pramuka. Jakarta, 1987.

3.      Atmasulistya. Endy. Drs. H. dkk.  PANDUAN PRAKTIS MEMBINA PRAMUKA.  Kwarda Gerakan Pramuka. DKI. Jakarta, 2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar