MEMBINA
PRAMUKA
I. PENDAHULUAN
Membina Pramuka merupakan kegiatan
memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan :
a. Kepribadian
b. Pengetahuan dan keterampilan
c. Kecendrungan/keinginan serta kemampuan,
peserta didik sehingga menjadi manusia yang : kreatif, inovatif, pelopor dan
mandiri.
II. MATERI POKOK
1. Kalau kita simak " cita dan karsa
" : dari pengertian tersebut di atas, maka :
a. Membina itu targetnya ( object ) adalah
manusia.
b. Membina itu adalah upaya pendidikan, upaya
peningkatan, upaya improvisasi, upaya memajukan.
c. Membina itu dapat dilaksanakan baik formal,
non formal bahkan informal secara sadar berencana, terarah, teratur dan bertanggungjawab.
d. Membina itu sebgai proses upaya pendidikan
berisi kegiatan memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan :
1) suatu dasar kepribadian yang seimbang, utuh
dan selaras.
2) pengetahuan dan keterampilan yang sesuai
dengan bakat.
3) kecenderungan/keinginan serta kemampuan -
kemampuan yang merupakan bekal dalam hidup dan kehidupan manusia yang dibina.
2. Dalam Gerakan Pramuka membina/melatih
Pramuka untuk jadi apa, bukan melatih Pramuka untuk tahu apa.
3. Hymne Pramuka dengan jelas dan tegas
menyebutkan
.............. manusia Pancasila
................................
.............. satyaku ..........
kudarmakan .................
............. darmaku ..........
kubaktikan ...................
............. agar jaya Indonesia
................................
Sehingga kalau ada yang bertanya, mau
dibawa kemana Pramuka itu, jawabnya jelas dan tegas Pramuka akan
di jadikan KADER PEMBANGUNAN YANG
BERMORAL PANCASILA.
4. Melalui kepramukaan Pramuka disiapkan
menjadi kader bangsa yang bermoral Pancasila yang memiliki :
a.
Sikap dan moral Pancasila ; dengan jalan melatihkan = Penghayatan &
Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.
b.
Keterampilan manajerial ; dengan jalan melatihkan = Kepemimpinan,
Manajemen satuan, Hubungan insani, Hubungan masyarakat.
c.
Ketrampilan Kepramukaan ; dengan
jalan melatihkan = Survival, Pengembaraan, Pengabdian.
d.
Keterampilan teknologi ; dengan
jalan melatihkan = Kewirausahaan.
5. Pramuka harus dibina sesuai dengan MINATnya
untuk MENGABDI dan BERKARYA melalui
proses :
a. Learning by doing
b. Learning to earn
c. Earning to live
d. Living to serve
e. Learning by teaching
6. Kegiatan yang disajikan hendaknya disusun
bersama peserta didik dengan memperhatikan
3 pilar / soko guru kepramukaan yaitu :
a. Azas Modern
kegiatan kepramukaan hendaknya
menyesuaikan dengan perkembangan jaman, selalu bervariasi dan baru sehingga
tidak membosankan.
b. Azas Manfaat
kegiatan kepramukaan hendaknya
disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik, masyarakat dan
lingkungannya.
c. Azas Taat
kegaitan kepramukaan hendaknya manjadi
media untuk mendidikan pelaksana /
pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.
7. Agar Pembina Pramuka dapat berperan dengan
baik dalam membina, Pembina perlu :
a. Mempuyai sikap laku sesuai dengan sistem among
1) rasa cinta kasih, rasa keadilan, rasa
kepantasan dan rasa kesanggupan berkorban.
2) rasa disiplin disertai inisiatif
3) rasa tanggungjawab terhadap Tuhan YME,
masyarakat dan dirinya sendiri.
b. Mengetahui dan dapat melaksanakan Prinsip
Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dalam kegiatan kepramukaan.
c. Memahami bahwa metode yang akan diterapkan
sesuai dengan keadaan, waktu dan tempat peserta didik dibinanya. Dengan kata lain sebelum melaksanakan
pembinaan, hendaknya terlebih dahulu mengerti bakat, minat, keadaan, kemampuan
dan kebutuhan kaum muda/peserta didik disamping itu, bahan latihan yang akan
diberikan dalam kegiatan hendaknya sesuai dengan rencana, tujuan
dan sasaran kegiatan yang sudah ditentukan.
d. Menciptakan keikut sertaan Peserta didik
dalam kegiatan kepramukaan dilakukan secara sukarela.
e. Memperlakukan peserta didik sebagai subjek
pendidikan, yaitu sebagai pribadi yang mempunyai cipta, rasa dan karsa yang
perlu dikembangnkan.
f. Macam kegiatan yang disajikan hendaknya
disesuaikan dengan perkembangan jasmani dan rohani peserta didik, sehingga
kegiatan pada tiap golongan usia peserta didik berbeda.
g. Memperhatikan faktor lingkungan pendidikan
karena faktor lingkungan besar sekali pengaruhnya terhadap perkembangan peserta
didik.
8. Pembina Pramuka harus berusaha menguasai
bahan latihan kegiatan, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk mengunakan
tenaga orang lain yang lebih menguasai dan menghayati bahan-bahan dalam membina
peserta didik, Penguasaan bahan latihan perlu ditunjang dengan penggunaan
metode yang tepat, sesuai dengan kepentingannya.
III. PENUTUP
Membina merupakan tugas pengabdian bagi
Pembina Pramuka oleh karena itu membina merupakan seni. Tehnik membina bagaimana yang tepat itu akan
didapat dari pengalamannya dalam kegiatan dengan peserta didik. Semboyan kita dalam melaksanakan tugas
pembinaan " Ikhlas bakti bina bangsa ber budi bawa laksana "
KEPUSTAKAAN
1. Powell, Lord Baden. SCOUTING FOR BOYS.
MEMANDU UNTUK PRAMUKA. Kwarnas Gerkan
Pramuka. Jakarta, 1988)
2. Joesoef. Soelaiman. Prof Drs. KONSEP DASAR
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH . Bumi
Aksara. Jakarta, 1992.
3. Atmasulistya. Endy. Drs. H. dkk. PANDUAN PRAKTIS MEMBINA PRAMUKA. Kwarda
Gerakan Pramuka DKI. Jakarta, 2000.
4. AD & ART. Kwarnas Gerakan Pramuka. Jakarta, 1999
Tidak ada komentar:
Posting Komentar