PROGRAM KEGIATAN
PESERTA DIDIK
( PRODIK)
I. PENDAHULUAN
Kegiatan adalah proses
memperkenalkan , menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan :
a. Kepribadian
b. Pengetahuan dan keterampilan
c. Kecendrungan / keinginan serta kemampuan
dalam mencapai tujuan,
terbentuknya manusia yang kreatif, inovatif, pelopor dan mandiri.
II. MATERI
POKOK
1. Program Kegiatan Peserta Didik ( Prodik ) /
Youth Programme ialah keseluruhan ( totalitas ) dari apa yang dilakukan Peserta
Didik dalam kepramukaan ( aktivitas ), bagaimana aktivitas itu dilaksanakan
(metode) dan alasan mengapa aktivitas itu dilaksanakan ( tujuan )
Untuk selanjutnya unsur- unsur Prodik
terurai sebagai berikut :
a. Totalitas = meliputi seluruh kegiatan dan pengalaman peserta didik dalam
Gerakan Pramuka ; merupakan suatu proses progresif pendidikan dan perkembangan
pribadi
b. Apa = mencakup semua aktivitas yang diikuti
peserta didik, aktivitas tersebut harus menarik dan menantang peserta didik/
kaum muda
c. Bagaimana
= Aktivitas itu dilaksanakan dengan prinsip
dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem among.
d. Mengapa = Merupakan alat untuk mencapai tujuan kepramukaan yang berdasarkan
prinsip dasar kepramukaan.
2. Cara menyusun Prodik
a.
Pembina Pramuka menghimpun macam - macam kegiatan yang diinginkan /
dikehendaki oleh peserta didik
b.
Pembina bersama peserta didik menyusun jadwal kegiatan dengan materi
yang sudah disepakati (bisa menjadi materi 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan dst)
c.
Pembina meramu materi, kegiatan tersebut dengan Sasaran Strategik Gerakan Pramuka, Prinsip dasar
Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka serta dengan
memperhatikan kebutuhan masyarakat,
menjadi kegiatan - kegiatan yang menarik dan menantang, yang siap untuk
disajikan.
3 Sasaran Srategik Gerakan Pramuka
a. Sikap Moral Pancasila
-
Pengahayatan dan pengamalan Kode kehormatan Pramuka
b. Keterampilan Manajerial
-
Kepemimpinan
-
Manajemen satuan
-
Sumber insani ( Human relation )
- Kehumasan ( Public Relation )
c. Keterampilan kepramukaan
-
Keterampilan " Survival "
-
Olah raga
-
Pengembaraan di alam terbuka
-
Pengabdian
d. Keterampilan Tehnologi
4. Cara Pelaksanaan Prodik
a.
Pelaksanaan Prodik oleh Pembina Pramuka hendaklah selalu diciptakan
adanya bekerja secara kemitraan dengan peserta didik.
b.
Prodik yang bermutu yang menarik kaum muda peserta didik dan sesuai
dengan kepentingan Masayarakat akan mendorong kamu muda lainya untuk berpartisipasi.
c.
Prodik harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.
d.
Prodik hendaklah di dukung adanya peralatan yang memadai dan sesuai.
e.
Prodik harus bernuansa : modern, bermanfaat dan taat pada Kode
Kehormatan Pramuka
III. PENUTUP
1. Dengan adanya Prodik, berarti ;
a.
Kegiatan kepramukaan selalu mengikuti perkembangan jaman.
b.
Kegiatan kepramukaan selalu menarik menyenangkan dan menantang sejalan
dengan keagiatan yang sedang menjadi kegemaran peserta didik .
c.
Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan sangat baik karena
kegiatannya mempunyai nilai kreatif dan rekreatif.
2. Keterlibatan peserta didik dalam menyusun
Prodik hukumnya mutlak, Prodik tanpa melibatkan peserta didik dalam menyusunnya
tidak dijamin akan bernilai sebagai media pendidikan. Dengan melibatkan peserta didik dalam penyusunan PRODIK, peserta didik diperankan sebagai subjek pendidikan,
sehingga program yang tersajikan akan dengan senang hati dilaksanakan karena
sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
KEPUSTAKAAN
1. AD & ART GERAKAN PRAMUKA. (Kepres RI
No. 34 Th 1999 & Kep Kakwarnas No. 107 Th 1999). Kwarnas. Jakarta. 1999
2. RENCANA STRATEGIK GERAKAN PRAMUKA, PANCA
KARSA UTAMA, Tahun 1999 - 2004. Kwarnas. Jakarta. 1999
3. YOUTH PROGRAMME : THE WORLD PROGRAMME
POLICY. WSB. GENEWA. 1991.
4. Atmasulistya, Endy R. Drs. H. PENGEMBANGAN
SUMBER DAYA MANUSIA DALAM GERAKAN PRAMUKA. Kwarnas. Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar